Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » 7 Cara Mendidik Anak Laki Laki

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki

Cara mendidik anak perempuan dan mendidik anak aki-laki memang berbeda. Mendidik anak laki-laki, posisi Anda sebagai orangtua berada di belakangnya. Mendidik anak lelaki diperlukan ketegasan yang solid. Peran itu pun perlu dipegang orangtua secara utuh dalam membesarkannya sejak dini.

Peran orangtua ketika membesarkan anak lelaki memang perlu mengambil peran sebagai teman dan tokoh yang dapat menjadi panutan. Hal ini penting demi membangun konsep diri mereka sebagai pemimpin di masa depan.

Mendidik anak laki-laki bukanlah hal mudah karena karakternya yang tegas untuk dibentuk sebagai pemimpin perlu dibentuk sejak dini. Untuk itu, Anda perlu membiarkan dia berlatih menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan mengawasi perilakunya secara hati-hati.

Tidak hanya itu, ternyata masih terdapat beberapa prinsip utama yang perlu Anda perhatikan saat mendidik mereka. Psikolog anak Emmy Soekresno SPd memaparkan ulasannya berikut ini.


Prinsip pertama
Anda jangan coba-coba menghilangkan tingkah laku lincah dan impulsif mereka. Namun Anda perlu menikmati keadaan tersebut dan perlahan membentuk kemudian memerbaiki sikap mereka.

Prinsip kedua
Anda harus menghindari gejala "sakit hati" pada anak laki-laki. Hal ini dapat ditempuh dengan cara menentang premanisme, pemerasan atau kekerasan yang terjadi di sekolah atau dimanapun. Selain itu, Anda harus selalu waspada terhadap kekerasan yang diekspos media, serta perhatikan beberapa tanda depresi, menarik diri, dan lesu dalam dari anak laki-laki.

Prinsip ketiga
Anda harus dekat pada mereka baik secara emosional maupun sebagai pembimbing yang selalu waspada. Selain itu, Anda juga perlu mengomunikasikan peraturan melalui konteks hubungan saling mencintai.

Prinsip keempat
Untuk mendapat perilaku gender yang sehat, ayah harus memberi kasih sayang, perhatian dan dukungan kepada anak. Bila ayah tidak ada karena suatu hal, perannya boleh digantikan oleh tokoh laki-laki dewasa yang kita percaya.

Prinsip kelima
Anda perlu menghabiskan banyak waktu secara efektif bersama anak. Bahkan, Anda perlu mengubah gaya hidup agar waktu bersama anak lebih banyak sesuai dengan kebutuhannya.

Prinsip keenam
Anda perlu melawan kebiasaan masyarakat yang sengaja bersikap kasar pada anak laki-laki Anda dengan cara berusaha meyakinkan masyarakat untuk menghargai anak laki-laki sebagai seorang individu.

Prinsip ketujuh
Anda perlu membangun kehidupan religi anak, sebab hal ini merupakan prioritas dalam mendidik anak. Hal ini bermanfaat ketika kelak ia jadi seorang ayah yang akan memberi makan dan bertanggung jawab pada keluarganya. Ia harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hidup.

.

SERVIS 02 Apr, 2012


-
Source: http://azberita.blogspot.com/2012/04/7-cara-mendidik-anak-laki-laki.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
SHARE

About bacotGue

0 komentar :

Posting Komentar