Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Mendidik Anak Supaya Mandiri

Mendidik Anak Supaya Mandiri

Anak mandiri sangat diharapkan para orang tua, kemandirian anak perlu diberikan sedini mungkin. Pendidikan anak mandiri harus diberikan berlahan dan berkelanjutan, agar menjadi anak mandiri yang betul betul bertanggungjawab. Mendidik anak agar mandiri adalah hal yang harus diajarkan orangtua. Namun, karena kesibukan kerja, tak jarang orangtua sulit mengontrol dengan maksimal perkembangan buah hati.

Dengan kesibukan orang tua maka secara otomatis akan diberikan

Untuk mendidik anak agar mandiri, Anda perlu simak beberapa tip seperti dilansir BoldSky berikut.

1. Ajarkan anak mengenai tanggung jawab. Anda dapat memulainya dengan memberi penjelasan mengenai tanggung jawab.

Setelah itu, Anda dapat mengajarinya secara praktek, misalnya membiarkan anak mengerjakan Pekerjaan rumah yang diberikan guru secara sendiri. Anda tidak perlu membantu menyelesaikan, namun cukup memberi arahan.

2. Dampingi anak secara rutin ketika hendak mendidiknya menjadi anak mandiri. Sesekali, Anda perlu melepas anak untuk bertindak sendirian, misalnya seperti contoh di atas yaitu membiarkan dia mengerjakan PR-nya sendiri.

3. Dorong anak untuk melakukan hal-hal kecil. Misalnya, Anda memberi dia tugas untuk mencuci piringnya sendiri seusai makan pada hari-hari tertentu. Jika mereka melanggar, Anda tidak perlu marah, cukup mengingatkan dengan tegas.

4. Agar anak mandiri, Anda haru mengajarkan mereka melakukan tugasnya sendiri. Dalam usia tertentu, Anda tidak perlu mencuci pakaiannya dan tidak perlu membereskan tempat tidurnya. Biarkan anak membersihkan kamarnya sendiri.

5. Anak terkadang melawan beberapa perintah orangtua. Karena itu, Anda perlu tegas dan teguh pada kebijakan yang telah dibuat.

6. Sebelum menasihati anak, Anda harus percaya pada diri sendiri terlebih dulu bahwa nasihat tersebut adalah demi kebaikan masa depan anak. Sehingga ketika hendak menyampaikan nasihat dan perintah, Anda bisa lebih yakin.

.

SERVIS 04 Apr, 2012


-
Source: http://azberita.blogspot.com/2012/04/mendidik-anak-supaya-mandiri.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
SHARE

About bacotGue

0 komentar :

Posting Komentar